0751- 8952930 dppkbkps.sumbar@gmail.com

DISDUKCAPIL KAB. PADANG PARIAMAN DAN KOTA SAWAHLUNTO RAIH PENGHARGAAN

Picture

DISDUKCAPIL KAB. PADANG PARIAMAN DAN KOTA SAWAHLUNTO RAIH PENGHARGAAN

          Penilaian inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat sudah menemukan pemenangnya. Dari sekian lama proses yang dilakukan didapatkan dua pemenang yang menjadi Dinas Dukcapil dengan Inovasi terbaik tahun 2018. Dinas Dukcapil Kabupaten Padang Pariaman menjadi Dinas Terbaik kategori Kabupaten dan Dinas Dukcapil Kota Sawahlunto menjadi Dinas Terbaik kategori Kota. Tahapan dalam penilaian yang dilakukan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPPKBKPS) Provinsi Sumatera Barat ini dimulai dengan melakukan observasi langsung ke lapangan, mengunjungi seluruh Dinas Dukcapil Kabupaten dan Kota secara bergantian oleh tim penilai yang didampingi oleh pihak dari DPPKBKPS selaku penyelenggara.

          Pada tahapan ini, ada berapa poin-poin yang menjadi indikator penilaian seperti terdapatnya Pelayanan Satu Pintu, Standar Pelayanan, Sarana dan Prasarana, Visi, Misi, Motto, Maklumat Pelayanan, SIPP (Sistem Informasi Pelayanan Publik, Pelayanan Khusus Kelompok Rentan, Pengelolaan Pengaduan, Sarana Pengukuran Kepuasan Pelayanan, Sertifikat ISO, Atribut, Inovasi serta Kinerja Dinas Dukcapil Kab/Kota yang kemudian setiap poinnya dinilai dengan menggunakan angka dan dijumlahkan. Setelah didapatkan nilai dari seluruh Kab/Kota, tim penilai melakukan rapat untuk menentukan nilai tertinggi dengan nilai yang tergabung dari nilai berdasarkan observasi, capaian kinerja tahun 2017 dan pelaksanaan inovasi yang tepat guna selama tahun 2017. Setelah seluruh nilai terkumpul, maka didapatkan 6 Kabupaten dan 4 Kota terbaik dan berhasil masuk ke tahapan wawancara Kepala Dinas.

          Pelaksanaan tahapan wawancara yang dilakukan dalam dua hari tersebut bertujuan untuk melihat kondisi Dinas Dukcapil secara umum  bagaimana Kepala Dinas menemukenali permasalahan dan menciptakan inovasi untuk solusi permasalahan tersebut dan melihat bagaimana keseriusan masing-masing Kepala Dinas dalam memahami, melaksanakan, mengontrol dan memberikan pernilaian terhadap pekerjaan yang sudah mereka lakukan sendiri. Pemahaman ini tercermin dari apa yang disampaikan, bagaimana kesiapannya dalam menyampaikan dan apa saja yang disampaikan menjadi nilai tersendiri bagi masing-masing anggota tim penilai. Setelah didapatkan hasil, tim penilai sudah dapat menentukan siapa yang menjadi pemenang yang dalam hal ini, pemberian predikat Dinas Terbaik, diberikan berdarkan kategori Dinas Dukcapil Kabupaten dan Dinas Dukcapil Kota.

          Beberapa kategori lainnya yang juga pantas diberikan penghargaan ialah Kategori Dinas dengan Kolaborasi terbaik yang diberikan pada Disdukcapil Kabupaten Pasaman, Kategori Dinas Dengan dedikasi terbaik diberikan kepada Dinas Dukcapil Kepulauan Mentawai, Kategori Dinas dengan Inspirasi Terbaik diberikan kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Agam, Kategori Dinas dengan Ekspansi terbaik diberikan kepada Dinas Dukcapil Limapuluh Kota dan Kategori Dinas dengan Konsistensi terbaik diberikan kepada Dinas Dukcapil Kota Padang Panjang.

          Pemberian penghargaan kepada Dinas Dukcapil dengan berbagai kategori ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan penghargaan terhadap dinas yang sudah mampu bekerja dengan maksimal dengan kondisi masyarakat, geografis dan berbagai tantangan dalam melayani masyarakat. Penyerahan hadiah dilakukan pada perayaan HUT RI yang ke 73 tahun 2018 di lapangan upacara Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat dan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Bpk. Nasrul Abid kepada Muhammad Fadhly, Kepala Dinas Kabupaten Padang Pariaman dan Ir. Lelis Eprienti, Kepala Dinas Dukcapil Kota Sawahlunto  serta lima Dinas Dukcapil Kab/Kota lainnya yang memperoleh penghargan dan disaksikan oleh tamu undangan dan peserta upacara penurunan bendera dari berbagai elemen masyarakat, Pemerintah,TNI/Polri, BUMD dan Swasta. 

          Penilaian yang dilakukan oleh Dinas PPKBKPS Provinsi Sumatera Barat pada tahun ini merupakan penilaian yang ke dua kalinya dilakukan dengan tujuan memberikan stimulant bagi dinas yang sudah bekerja dengan baik untuk meningkatkan kinerja  dan pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten dan Kota dalam melayani masyarakat, mempermudah dan tentunya membuat masyarakat bahagia atas pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah pada umumnya. Kepala Dinas PPKBKPS, H. Novrial, SE, MA, Akt yang hadir pada saat itu juga ikut memberikan ucapan selamat kepada para pemenang dan ikut menyerahkan plakat kepada Kepala Dinas yang mendapatkan penghargaan. Beliau merupakan orang yang menginisiasi pelaksanaan kegiatan ini dan berharap pelaksanaan kegiatan ini terus dilakukan pada tahun-tahun berikutnya dengan pola dan metoda yang lebih baik dari tahun sebelumnya.