0751- 8952930 dppkbkps.sumbar@gmail.com

Peningkatan Kapasitas Ormas Orsos Dalam Rangka Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga

     Kegiatan Peningkatan Kapasitas Ormas/Orsos Dalam Rangka Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2018 di Hotel Bunda Padang, yang dihadiri oleh 80 peserta. Kegiatan  sosialisasi ini bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan peran serta ormas/orsos agar ormas/orsos dapat ikut serta melakukan pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga melalui pembinaan keluarga balita dan anak, pembinaan ketahanan remaja, pembinaan ketahanan keluarga lansia, keluarga rentan dan pemberdayaan ekonomi keluarga. Sesuai dengan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa untuk pembagian urusan pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana sub urusan keluarga sejahtera, pemerintah provinsi melalui DPPKBKPS Provinsi Sumatera Barat memiliki kewenangan untuk melakukan pemberdayaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan tingkat provinsi dalam pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

     Permasalahan dalam pengembangan program KKBPK antara lain karena masih sering dipersepsikan sebagai teknis KB, masih dianggap sebagai tugas pemerintah saja, belum optimal pelibatan para pihak, desain pembinaan/pemberdayaan lintas pelaku belum jelas, anggaran belum optimal. Pembinaan Ketahanan Keluarga merupakan bagian dari pengembangan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga, yang merupakan urusan konkuren pemerintah daerah, yang membutuhkan dukungan seluruh pihak terkait, khusus dukungan dari ormas dan orsos. Dengan melibatkan ormas/orsos dalam pengembangan program KKBPK, diharapkan pembinaan ketahanan keluarga dapat optimal dilakukan sesuai dengan tujuan ormas yaitu meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

     Partisipasi Ormas, Orsos dalam pembangunan dilakukan dengan mengoptimalkan fungsinya sebagai pembinaan keanggotanya, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan sosial yang dilaksanakan dalam format Komunikasi, Informasi dan Edukasi secara bersama dengan pemerintah. Ormas, Orsos adalah mitra strategis pemerintah untuk memberikan input permasalahan yang ada di masyarakat, pengkajian solusi secara integratif, penyusunan rencana tindak dari program/kegiatan, implementasi bersama di lapangan.

     Ormas,Orsos diharapkan dapat menjadi duta program KKBPK baik secara kelembagaan, maupun secara perorangan untuk melakukan KIE dalam forum BKB, BKR dan BKL, sehingga perlu dilakukan kerjasama dengan melibatkan ormas, orsos tidak hanya sebagai peserta sosialisasi akan tetapi berperan serta sebagai pembina langsung program KKBPK di lingkungannya.