0751- 8952930 dppkbkps.sumbar@gmail.com

Sosialisasi Penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan Sumatera Barat

Picture

     Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat memberikan arahan pada acara sosialisasi penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Sumatera Barat. GDPK merupakan arah kebijakan pembangunan kependudukan yang menjadi dasar untuk dibentuk program kegiatan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat. Turut hadir Kepala Dinas urusan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan perwakilan Bappeda se Sumatera Barat. Acara ini sebagai langkah awal untuk mensinkronkan rencana GDPK yang akan dibuat Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, yang merupakan amanat Perpres No 153 Tahun 2014.

     Acara yang digelar di Aula Dinas PPKBKS Sumatera Barat pada Senin 25 Februari 2019 yang berlangsung hangat dan dihujani dengan banyak pertanyaan dan masukan dalam penyusunan GDPK. Semangat para peserta dan antusias dalam mewujudkan rencana GDPK Sumatera Barat optimis akan selesai dengan 5 aspek : 1) Pengendalian kuantitas Penduduk; 2) Peningkatan kualitas penduduk; 3) Pengaturan perpindahan penduduk yang berorientasi pemerataan persebaran penduduk; 4) Pembangunan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan; 5) Penatausahaan tertib administrasi penduduk dengan manajemen sistem informasi.

     Dengan adanya GDPK Sumatera Barat 2019-2039 yang mengarah pada RPJPD, diharapkan dijadikan sebagai pedoman dalam pengambilan kebijakan oleh sektor-sektor pada perangkat daerah Provinsi Sumatera Barat dan sebagai acuan bagi pelaksana pembangunan pada sektor swasta.

#Menuju_SumateraBarat_Sejahtera.(AP)