0751- 8952930 dppkbkps.sumbar@gmail.com

Sijarla Kab. Solok, Boyongan Kantor Pelayanan Seminggu

Picture

Sijarla Kab. Solok, Boyongan Kantor Pelayanan Seminggu

     Dalam rangka memenuhi arahan Mendagri melalui surat No. 471.13/2292/dukcapil tanggal 18 Maret 2029 tentang penuntasan perekaman dan pencetakan KTP-el, Disdukcapil Kab. Solok melakukan program Sistim Kejar Bola (Sijarla)  memberikan pelayanan adminduk terpadu di setiap kecamatan selama seminggu penuh.

     Layanan Sijarla ini ditujukan sebagai perbaikan sistim pelayanan keliling yang biasanya dilakukan dengan mobil pelayanan keliling dari kecamatan ke kecamatan lain atau dari kenagarian ke kenagarian lain yang hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan.

     Kendala umum pelayanan keliling ini yang biasanya dilakukan 1-2 hari adalah karena budaya masyarakat agraris yg pada siang harinya atau beberapa hari menghabiskan waktu di kebun/ hutan dan baru turun ke pemukiman malamnya atau di hari pasar/ akhir minggu, sehingga pelayanan yang dilakukan mulai pagi sampai larut malam pun sering tidak menarik minat masyarakat mengurus dokumen kependudukannya.

     Sijarla yang dilakukan di Kecamatan Lembah Gumanti mulai tanggal 25 - 30 maret 2019, melayani semua urusan kependudukan masyarakat di Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan tetangga, mulai dari penerbitan atau pemutakhiran KK, rekam cetak KTP-el, akta kelahiran dan layanan lain di satu lokasi Kantor Camat Lembah Gumanti.

     Saat dilakukan monev oleh Kadis PPKBKPS Sumbar dan rombongan serta didampingi oleh Kadis Dukcapil Kab. Solok, terlihat seperti boyongan Kantor, karena 26 orang staf, lebih dari separo aparatur Dinas,  komit melayani masyarakat di lokasi selama 6 hari siang sampai malam, sepertinya bisa menjadi solusi keterbatasan waktu masyarakat siang hari atau di hari kerja senin sd jumat.