0751- 8952930 dppkbkps.sumbar@gmail.com

Melayani itu ternyata sangat membahagiakan

Picture

"Melayani itu ternyata sangat membahagiakan"

Mungkin karena tahunya Dinas Dukcapil itu melayani pembuatan KTP-elektronik, pagi hari tiba-tiba ada warga Kota Padang yang menelpon Dinas Provinsi untuk menceritakan masalahnya bahwa orang tua nya yang sudah uzur dan bedrest di rumah, untuk keperluan mengurus administrasi pensiunnya dimintai syarat KTP-elektronik, walaupun beliau sebenarnya sudah punya KTP manual yang diterbitkan seumur hidup sebelum adanya KTP-elektronik.

Respon pertama adalah menanyakan, apakah beliau sudah melakukan perekaman atau belum, karena kalau sudah di rekam akan lebih mudah karena tinggal mencetakan KTP-elektronik nya di Kantor Disdukcapil atau di Kantor Kecamatan wilayah beliau tinggal. Ternyata jawaban keluarganya adalah, jangan kan untuk merekam KTP, untuk bergerak saja sang orang tua sudah tidak bisa dan harus dibantu oleh anak cucunya.

Reaksi pertama yang terpikir adalah langsung menelpon dan meminta bantuan kawan-kawan Dinas Kota Padang, walaupun kami tahu pasti kesibukan luar biasa kawan-kawan disana melayani warga Padang, yang berjubel berdesak desakan di koridor pelayanan Kantor Dinas Dukcapil di ex SMA Negeri 1 Padang dengan berbagai cerita dan dinamika yang masih tengah dicarikan solusinya, untuk membahagiakan warga dengan kantor yang representatif sebagaimana di 18 Kabupaten / Kota lain di Sumatera Barat.

Alhamdulillah, ternyata kawan-kawan Dinas Kota Padang memberikan respon yang luar biasa dan mengajak staf Dinas Provinsi untuk langsung mengunjungi warga lansia yang benar-benar membutuhkan dokumen kependudukan tersebut. Pengalaman hari ini sangat membekas bagi kami di Provinsi diberikan kesempatan bersama kawan-kawan di Kota Padang, ikut terjun langsung melakukan perekaman langsung ke rumah warga yang memang benar-benar tidak bisa keluar rumah karena uzur tersebut.

Karena kami di Provinsi memang tidak berkaitan langsung dengan tugas fungsi pelayanan, ketika ditanyakan kepada yang baru pertama kali melakukan pelayanan tersebut jawaban nya sungguh membuat haru, "melayani itu ternyata sangat membahagiakan" #terima kasih atas respon cepatnya kawan2 Disdukcapil Kota Padang#